Jumat, 17 Februari 2012

Materi Internet

BAB I
PENGENALAN DASAR INTERNET

Standar Kompetensi
1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
1.1.         Menjelaskan pengertian internet/intranet

A.   PENGERTIAN INTERNET/INTRANET
Kata Internet merupakan salah satu kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Kita sering membaca kata internet baik melalui media cetak maupun mendengar melalui media elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, internet juga bukan menjadi hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari, bahkan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita sering menggunakan internet untuk mencari informasi, melakukan chating ataupun mengirimkan surat secara elektronik (Email).
Internet mungkin sudah tidak asing lagi bagi kehidupan kita, tetapi apa sebenarnya yang disebut dengan internet? Internet berasal dari dua kata internasional dan networking. Kata internasional menunjukkan lingkup bahwa jangkauan dari internet menjangkau seluruh belahan dunia. Sedangkan kata networking memiliki arti sambungan atau jaringan. Dari dua pengertian itu dapat kita simpulkan bahwa internet merupakan sambungan-sambungan antar komputer yang membentuk jaringan yang menjangkau seluruh belahan dunia.
Berkaitan dengan sambungan atau jaringan komputer kita juga mengenal kata intranet. Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk kepentingan internal dalam suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan sumber daua komputer yang ada.

B.   SEJARAH INTERNET/INTRANET
1.     Internet pertama kali dikenal pada tahun 1963 di Amerika Serikat, di mana pada saat itu hubungan antar komputer dipakai untuk operasi pengendali perang dingin. Melalui Advanced Research Project Afency (ARPA) merintis jaringan ARPANET. Jaringan ARPANET ini yang kemudian disebut sebagai cikal bakal dari Internet.
2.     Tahun 1980 jaringan arpanet mulai digunakan untuk menghubungkan komputer pada lembaga pendidikan atau universitas terkemuka di Amerika. Pada tahun ini juga jaringan sudah mulai dipakai oleh instansi-instansi strategis dan lembaga-lembaga riset.
3.     Tahun 1982 Protocol standart TCP/IP mulai diperkenalkan.
4.     Tahun 1984 mulai digunakan domain untuk menandai sebuah komputer.
5.     Tahun 1986 lahir NSFNET (National Center of Supercomputer Aplication) sebagai jaringan riset yang akan menggantikan ARPANET.
6.     Tahun 1990 jaringan ARPANET resmi dibubarkan dan digantikan dengan jaringan NSFNET.
7.     Tahun 1990 mulai diperkenalkan layanan berbasis www (Word Wide Web) yang tidak hanya berbasis teks tapi gambar.
8.     Tahun 1993 InteNIC mendirikan organisasi yang melayani pendaftaran nama domain untuk pengguna Internet.
9.     Tahun 1994 internet sudah mulai masuk dan digunakan di Indonesia.

C.   HAL YANG DAPAT DILAKUKAN INTERNET
Internet merupakan jaringan raksasa yang menjangkau seluruh dunia. Dengan jangkauan yang sangat luas tersebut maka secara otomatis informasi yang tersedia di dalam jaringan sangat banyak sekali ragamnya.
Apabila kita memasuki suatu jaringan Internet kita akan merasakan memasuki dan melihat isi seluruh dunia. Dengan koneksi dengan jaringan Internet kita akan dapat seluruh isi dunia. Jadi dengan kata lain kita dapat melakukan banyak hal hanya dengan melakukan koneksi degan Internet.
Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan Internet antara lain:
1.     Melakukan akses terhadap gambar di galeri seni, salinan ringkasan hasil riset, cerita-cerita atau hasil sastra ataupun hasil karya lain.
2.     Melakukan komunikasi ataupun berdiskusi dengan orang di seluruh dunia yang memiliki minat dan hobi yang sama.
3.     Melakukan download program aplikasi komputer secara gratis seperti DOS, Windows, Unix, Macintosh, dan lain-lain.
4.     Melakukan tutorial kuliah secara gratis.
5.     Melakukan permainan atau games dengan banyak orang bahkan dari benua lain.
6.     Melakukan obrolan dengan seseorang atau banyak orang secara langsung.
7.     Melakukan pengiriman surat secara elektronik.
8.     Melakukan transaksi bisnis tanpa harus keluar ruangan untuk melakukan bisnis tersebut.
9.     Melakukan percakapan dengan melihat langsung lawan bicara melalui layar monitor.

D.   FASILITAS DAN APLIKASI INTERNET
Fasilitas dan aplikasi Internet berkembang secara cepat. Hal ini dikarenakan banyaknya pemakai yang secara otomatis menuntut banyaknya tuntutan akan kebutuhan fasilitas, namun secara umum fasilitas dan aplikasi yang ada di Internet antara lain :
1.     www (Word Wide Web)
Word Wide Web merupakan aplikasi dari Internet yang paling banyak digunakan oleh pemakai Internet. Word Wide Web adalah kumpulan dokumen-dokumen internet yang menjelajah sebuah alamat dokumen untuk mendapatkan informasi. Dengan mengunjungi sebuah alamat Word Wide Web seseorang akan dapat membuka dokumen yang ada pada server yang terhubung dengan jaringan Internet. Melakukan penjelajahan pada alam word wide web akan membawa pemakai pada sebuah ruang informasi yang sangat luas. Dokumen yang ada pada www dibuat dengan format Hipertext Mark Languarge (HTML). Format HTML merupakan gabungan format Hyper Text dan Hypermedia. HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link sebuah dokumen dengan dokumen lain yang dibuat dengan format yang sama.
2.     Mailing List
Mailing List merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dengan kelompok tertentu dengan menggunakan Email. Pada mailing list terdapat sebuah penyedia layanan yang akan menyediakan topik-topik tertentu yang diupdate dalam jangka waktu tertentu.
Prinsip kerja dari mailing list adalah sebagai berikut.
a.     Penyedia layanan akan menyediakan topik diskusi.
b.     Anggota mailing list akan menanggapi topik terebut dan mengirimkannya kembali kepada penyedia layanan.
c.      Penyedia layanan akan mendistribusikan kepada anggota lain yang tergabung dalam mailing list.
d.     Penerima akan menanggapi email tersebut untuk kemudian dikirimkan kembali ke alamat penyedia layanan.
3.     News Group
News group merupakan aplikasi internet yang hampir sama dengan mailing list yaitu memungkinkan seseorang untuk dapat melakukan diskusi dengan orang lain mengenai topik dalam sebuah forum.
Perbedaan yang mendasar antara mailing list dan news group, di mana news group memiliki sifat terbuka dalam artian pesan atau tanggapan mengenai topik tertentu dapat dilihat oleh semua orang, sedangkan mailing list memiliki sifat lebih tertutup di mana tanggapan atas topik yang ada hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang tergabung menjadi anggota mailing list.
4.     IRC (Internet Relay Chart)
IRC merupakan salah satu aplikasi Internet yang cukup banyak digunakan oleh pemakai Internet. Aplikasi IRC memungkinkan seseorang dapat melakukan percakapan dengan orang lain secara langsung dengan menggunakan keyboard. Aplikasi ini sering disebut dengan Chatting.
5.     FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan aplikasi Internet yang digunakan untuk melakukan transfer data dari satu komputer. Fasilitas transfer ini digunakan untuk saling bertukar file antar pengguna dengan konsep Client-Server. Sebuah komputer akan berfungsi sebagai client apabila berfungsi sebagai pengguna layanan atau menerima atau mengambil file, dan berfungsi sebagai server apabila sebuah komputer berfungsi sebagai penyedia atau pengirim file.
6.     Telnet
Fungsi dari fasilitas telnet adalah untuk melakukan transfer data dari komputer lain yang letaknya jauh. Fasilitas ini hampir sama dengan FTP, hanya saja fasilitas telnet hanya dapat digunakan oleh pemakai tertentu yang telah terdaftar dan memiliki hak akses dengan kata lain fasilitas telnet terbatas pada pemakai yang hanya memiliki hak akses. Dalam aplikasinya fasilitas telnet dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan secara jarak jauh.

7.     Gopher
Gopher adalah fasilitas yang memiliki fungsi sama dengan www yaitu mencari informasi di internet. Fasilitas gopher memiliki kemampuan hanya mengakses informasi dalam bentuk teks saja. Dengan keterbatasan ini maka fasilitas gopher tidak terlalu banyak digunakan dan mulai ditinggalkan pemakai.

E.   MANFAAT INTERNET
Internet merupakan jaringan raksasa yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Dengan terhubungnya komputer di seluruh dunia maka akan ada jutaan bahkan miliaran komputer yang terhubung dengan jaringan. Sehingga informasi dan layanan yang ada juga sangat beragam. Dengan beragamnya informasi dan layanan, maka seorang pemakai akan mendapatkan manfaat di antaranya :
1.     Sebagai sarana untuk mengakses informasi baik berupa teks, gambar audio, video.
2.     Sebagai sarana surat menyurat dalam bentuk elektronik.
3.     Sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dengan pemakai lain dalam sebuah forum.
4.     Sebagai sarana bercakap-cakap dengan pemakai lain.
5.     Mengirim atau mengambil file dari komputer lain.
6.     Digunakan untuk mengakses komputer lain yang jaraknya jauh.
7.     Sebagai sarana promosi dan bisnis (jual beli).

TUGAS RUMAH / PR
ASPEK PENUGASAN PROYEK
1.     Dengan mempelajari pengertian internet dan intranet, identifikasikan perbedaan mendasar antara jaringan internet dengan intranet !
2.     Jelaskan latar belakang dirintisnya jaringan arpanet pada tahun 1963 !
3.     Dengan mempelajari fasilitas dan aplikasi internet, jelaskan manfaat apa yang dapat kita peroleh dengan adanya fasilitas www !
4.     Identifikasikan kelebihan dan kekurangan fasilitas gopher !
5.     Jelaskan apa perbedaan antara mailing list dan news group !


UJI KOMPETENSI
I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !
1.     Berikut ini merupakan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ....
a.     mencari informasi
b.     pengiriman surat elektronik
c.      pembayaran transaksi
d.     obrolan dengan keyboard
2.  Fungsi dari jaringan internet adalah ....
     a.  menghubungkan komputer dengan jaringan yang menjangkau dunia
          b. menghubungkan komputer untuk kepentingan internal
          c. menghubungkan komputer dalam satu ruang
          d.  menghubungkan komputer antar-gedung
     3.  Untuk mengendalikan komputer pada operasi perang dingin tahun 1963, Amerika Serikat memanfaatkan jaringan ....
          a. NSFNET
          b. ARPANET
          c. Internet
          d. LAN/WAN
     4. Tahun 1984 diperkenalkan domain. Fungsi domain adalah ….
          a. menandai sebuah kompuer
          b. menunjukkan letak komputer dalam sebuah jaringan
          c. mencari jaringan yang digunakan
          d. menandai fasilitas yang diakses dalam sebuah jaringan
     5.  Fungsi dari organisasi bentukan inteNIC tahun 1993 adalah ....
          a.  menyediakan layanan www
          b.  sebagai jaringan riset
          c.  mengenalkan Protocol TCP/IP
          d.  melayani pendaftaran Domain
    
6.  Berikut adalah hal positif yang dapat di lakukan melalui internet, kecuali ....
          a. Presentasi Produk
          b.  Penyebaran Virus
          c.  Tutorial kuliah
          d.  Download aplikasi program
     7.  Fasilitas www digunakan untuk ....
          a.  menjelajah alamat dokumen
          b.  melakukan obrolan langsung dengan menggukan keyboard
          c. melakukan diskusi dengan menggunakan email
          d.  melakukan transaksi bisnis
     8.  Berikut adalah sikap positif berkaitan dengan penggunaan mailing list, kecuali ....
          a. menanggapi topik dengan sungguh-sungguh
          b.  menanggapi email anggota dengan baik
          c.  mencari kelemahan email tangggapan peserta lain
          d. penggunaan bahasa yang sopan
     9.  Fasilitas IRC dapat digunakan untuk ....
          a.  menjelajah sebuah alamat website
          b.  melakukan pengiriman surat secara elektronik
          c.  melakukan diskusi dengan menggunakan email
          d.  melakukan percakapan langsung dengan menggunakan keyboard
     10.     Berikut adalah pemanfaatan internet, kecuali ....
          a.  sarana akses internet
          b.  sarana menebus jaringan instansi tertentu
          c.  sarana  percakapan dengan pemakai lain
          d.  sarana promosi bisnis

BAB II
SISTEM JARINGAN
PADA INTERNET /INTRANET

Standar Kompetensi
1.  Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
1.2            Memahami dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet

A.   PENGERTIAN JARINGAN
Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronik dan pesan-pesan, saling terkait satu dengan lainnya. di mana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan, menggali dan saling berbagi terhadap informasi yang tersedia.
Pada umumnya yang dihubungkan tersebut terdiri dari komputer, terminal, printer dan media penyimpan data, serta perangkat jaringan lainnya. Dengan memiliki jaringan komputer memungkinkan kita menggabungkan berbagai tingkat serta berbagai jenis kapasitas peralatan yang ada, tanpa memperhatikan soal-soal lokasi fisik di antara peralatannya. Jaringan memungkinkan pemanfaatan secara bersama di antara peralatannya. Jaringan memungkinkan pemanfaatan secara bersama di antara para pengguna jaringan terhadap file-file data dan aplikasi, saling berkirim pesan, serta memungkinkan diterapkannya sistem pengaman terhadap instalasi secara keseluruhan.

B.   MANFAAT JARINGAN
1.     Membagi Sumber Daya
Prinsip penggunaan sistem jaringan adalah menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan menggabungkan sumber daya yang ada untuk dapat digunakan bersama-sama. Sumber daya yang dimaksud antara lain peralatan pendukung seperti halnya printer, atau sumber daya berupa data.
Dengan penggunaan sistem jaringan memungkinkan sebuah komputer dapat digunakan secara bersama-sama. Begitu pula dengan sumber daya lain yaitu data, dengan adanya jaringan sebuah data yang ada pada komputer satu dapat diakses oleh komputer lain dalam jaringan sehingga dengan sistem ini akan menghemat penggunaan peralatan serta adanya efektifitas kerja karena transfer data antar komputer dapat dilakukan secara langsung.
2.     Reliabilitas Tinggi
Penggunaan jaringan pada komputer akan memberikan kebebasan pada kita untuk melakukan akses terhadap data dari komputer mana saja dalam jaringan. Dengan kata lain jaringan akan menjadikan sebuah data menjadi milik bersama.
Reliabilitas pada jaringan akan dapat kita lihat apabila sebuah komputer dalam jaringan mengalami kerusakan dan data-data yang ada hilang. Dengan adanya jaringan kita tidak perlu khawatir, karena kita dapat menggunakan data yang ada pada komputer yang lain.
3.     Penghematan Biaya
Penghematan biaya pada jaringan dapat dilihat pada penggunaan perangkat atau sumber daya yang ada, di antaranya adalah printer. Dengan sistem jaringan kita tidak dapat melengkapi setiap komputer dengan sebuah printer, cukup kita sediakan beberapa printer saja yang dapat melayani semua komputer yang tersedia dalam jaringan.
Penghematan biaya juga dapat dilihat pada sistem jaringan pada sebuah Warnet atau organisasi yang menggunakan internet. Dengan menggunakan jaringan maka biaya akses yang ditanggung akan terbagi oleh komputer yang ada.

4.     Sebagai Sarana Komunikasi
Jaringan akan menghubungkan komputer satu dengan yang lain secara on line sehingga dimungkinkan adanya komunikasi dua arah antar pengguna komputer. Kelebihan ini biasa digunakan untuk melakukan sosialisasi suatu, misal hasil rapat.

C.   JENIS JARINGAN
1.     Berdasar Jangkauan
a.     LAN (Local Area Network)
Sebuah jaringan komunikasi yang melayani pengguna yang berada dalam sebuah jangkauan area geografis yang terbatas. LAN dibentuk dari beberapa buah server workstations, sistem operasi jaringan serta sebuah sambungan komunikasi.
Server adalah mesin berkecepatan tinggi yang mampu menangani penggunaan bersama atas file daya dan program yang diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan.
Workstations atau disebut client adalah di mana user bekerja melalui PC-nya, yang selain bisa dimanfaatkan untuk bekerja secara mandiri juga mampu melakukan akses terhadap sumber daya jaringan sesuai dengan hak yang dimilikinya.
Sebuah LAN yang kecil memungkinkan sebuah workstation untuk difungsikan sebagai server, yang memungkinkan dirinya untuk bisa melakukan akses terhadap komputer rekannya. Sistem jaringan ini disebut peer-to-peer, yaitu salah satu bentuk jaringan yang pada umumnya mudah untuk diinstalasi maupun dikelola, namun bagaimanapun, adanya sebuah server yang difungsikan secara khusus akan memberikan kinerja yang lebih baik, agar mampu menangani volume transaksi yang tinggi. Di sebuah jaringan yang besar bahkan menggunakan lebih dari satu server.
Software pengendali pada sebuah LAN adalah melalui apa yang disebut sistem operasi jaringan (NetWare, UNIX, Windows NT, dan lain sebagainya) yang akan ditempatkan pada server. Beberapa bagian dari komponen software tersebut akan menempati di mesin-mesin para client yang memungkinkan aplikasi untuk membaca dan menulis data dari server selayak hal tersebut berada di mesinnya sendiri.
Pesan yang akan dikirimkan akan dikendalikan melalui fasilitas protokol pengantaran data, seperti TCP/IP dan IPX. Pengiriman datanya sendiri secara fisik dilakukan melalui metode akses (Ethernet, Token Ring, dan sejenis lainnya) yang diimplementasikan ke dalam adapter jaringan yang dipasang pada mesin. Sebuah saluran komunikasi adalah berupa kabel (twisted pair, coax, optical fiber) yang akan menghubungkan setiap adapter.
 







 



b.    MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN merupakan hubungan antar komputer yang membentuk sebuah jaringan yang melayani organisasi satu lingkup kerja yang menjangkau gedung yang berlainan. Jaringan ini hampir sama dengan LAN hanya saja jangkauannya lebih luas dari LAN.
Gedung 1
 
Gedung 2
 
 








c.      WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN merupakan jaringan komputer yang menjangkau area yang secara geografis sangat luas. Jaringan WAN menjangkau komputer antar negara, benua bahkan seluruh dunia. Untuk menghubungkan komputer yang letaknya sangat jauh tersebut komputer dihubungkan dengan bantuan jaringan lain di antaranya jaringan telepon ataupun sinyal satelit.
 




d.    Intranet
Intranet adalah jenis jaringan yang merupakan gabungan antara jaringan LAN-WAN dengan internet. Apabila dilihat dari lingkupnya atau jangkauannya, jaringan ini merupakan jaringan LAN/WAN yang memberikan layanan seperti halnya internet kepada clientnya. Perbedaan mendasar antara internet dan intranet adalah intranet hanya melayani satu organisasi tertentu.

e.      Internet
Internet adalah jaringan yang tersebar di seluruh dunia yang saling terhubungi membentuk jaringan raksasa. Dalam jaringan ini terdapat beberapa layanan, di antaranya FTP, Email, Chart, Telnet, News Group dan masih banyak lagi layanan yang ada. Jenis jaringan ini biasanya menggunakan protocol TCP/IP.

Main Server Internet
 
User
 
User
 
User
 
 






















2.     Berdasarkan cara Pemrosesan data
a.     Host Terminal
Jaringan host terminal adalah jaringan yang menggunakan server yang dihubungkan dengan suatu dump terminal. Pada jaringan ini digunakan sebuah komputer sebagai server dan monitor yang berfungsi sebagai dump terminal. Dump terminal penginput dan pemakai atau output saja, sedangkan pemrosesan data sepenuhnya dilakukan oleh server. Dengan model host terminal ini maka sebuah komputer yang digunakan sebagai server haruslah memiliki kemampuan yang tinggi karena berfungsi sebagai pemroses semua data yang dimasukkan melalui dump terminal.
 






b.    Client Server
Jaringan client server adalah jaringan yang menghubungkan server dengan beberapa client. Dalam jaringan ini server berfungsi sebagai penyedia layanan, sedangkan client berfungsi sebagai pengguna jasa layanan. Pada jaringan client server pusat pemrosesan data dilakukan pada setiap komputer, sehingga untuk sebuah server tidak diperlukan komputer dengan kemampuan yang tinggi seperti pada jaringan host terminal.
 











c.      Peer To Peer
Jaringan peer to peer adalah jenis jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah terminal. Jaringan peer to peer menjadikan komputer sebagai server sekaligus client. Komputer akan menjadi server apabila menyediakan layanan kepada komputer lain sebaliknya berperan sebagai client apabila menggunakan jasa layanan dari komputer lain. Karena dalam jaringan ini setiap komputer berfungsi sebagai server juga client maka setiap komputer yang ada memerlukan kemampuan yang cukup tinggi.

 








D.   CARA MENGHUBUNGKAN KOMPUTER DENGAN JARINGAN INTERNET
1.     Melalui Jaringan
Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil (LAN) cara penghubungkan komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakai dengan jumlah yang banyak. Contoh warnet, kampus, sekolah, perusahaan, dan lain-lain.
Sistem penghubungan dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia jasa layanan internet melalui telepon baik kabel maupun nonkabel. Sedangkan untuk menghubungkan komputer dengan komputer digunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel.
Sistem jaringan ini memiliki keuntungan bahwa biaya akses yang ditanggung akan lebih murah, karena biaya akses akan terbagi oleh banyaknya pemakai.
2.     Melalui Saluran Telepon Langsung
Sistim sambungan yang lain adalah dengan dial up langsung, di mana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telepon yang menghubungkan dengan jaringan internet. Kelebihan akses ini adalah memiliki jaringan yang luas. Sedangkan kekurangannya adalah biaya akses yang relatif tinggi.
3.     Melalui GPRS
GPRS adalah singkatan dari General Pocket Radio Service. Jaringan ini menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Dengan menggunakan gelombang radio maka akses dengan GPRS ini memiliki kelebihan yaitu akses dapat dilaksanakan walaupun alat komunikasi atau user bergerak. Dalam penghitungan biaya akses didasarkan banyaknya data yang diakses tanpa dibatasi lamanya telepon seluler yang dilengkapi fasilitas GPRS.
Kekurangan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet, kita harus melakukan setting tertentu pada ponsel, padahal setiap merk handphone dan operator seluler memiliki cara tersendiri untuk mengaktifkan GPRS.
4.     Melalui WiFi (Wireless Fidelity)
WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang dengan frekuensi yang tinggi (2.4 GHz). Untuk menggunakan WiFi kita harus memiliki Notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi. Kelebihan dari WiFi adalah memiliki kecepatan akses yang tinggi yaitu 11 Mbps. Sedangkan kekurangan WiFi adalah pemakai harus berada pada daerah yang memiliki sinyal WiFi (Daerah HOT SPOT).
5.     Menggunakan TV Kabel
Kelebihan dari penggunaan jaringan TV kabel untuk akses internet adalah kita dapat melakukan akses internet setiap saat tanpa ada gangguan penuhnya jaringan telepon.
Syarat akses internet melalui TV kabel antara lain :
a.     Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet.
b.     Perangkat komputer standart yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lain yang mendukung akses internet.
c.      Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV kabel.


























I.  Tugas

1.     Dengan mempelajari jaringan, jelaskan dengan bahasamu pengertian dari jaringan!
2.     Jelaskan dengan bahasamu, mengapa jaringan dikatakan dapat menghemat biaya?
3.     Gambarkan dengan sederhana pembagian jenis-jenis jaringan berdasarkan cara pemrosesan data!
4.     Berikan contoh dari jaringan LAN, MAN, WAN!
5.     Jelaskan perbedaan mendasar antara jaringan LAN dengan WAN!

II.      Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1.     Berikut ini adalah penggunaan jaringan, kecuali...
a.     menghubungkan komputer dengan komputer lain
b.           menghubungkan komputer dengan jaringan internet
c.            menghubungkan komputer dengan sumber daya untuk dipakai bersama-sama
d.           menghubungkan komputer dengan keyboard sebagai perangkat input
2.     Dalam pembuatan jaringan, perangkat yang tidak dihubungkan ke dalam jaringan adalah ....
a.     printer
b.     keyboard (perangkat input)
c.      perangkat penyimpan
d.     sunber daya
3.     Berikut adalah sumber daya yang dapat dibagi oleh pengguna komputer dalam jaringan, kecuali
a.     printer
b.     teeminal
c.      data
d.     perangkat input
4.     Untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan dengan area yang terbatas sebaiknya kita menggunakan jaringan ....
a.     LAN
b.     MAN
c.      WAN
d.     Internet
5.     Kondisi yang memungkinkan kita menggunakan jaringan MAN untuk menghubungkan komputer adalah ....
a.     satu ruangan
b.     gedung yang berdekatan
c.      satu gedung
d.     satu instansi
6.     Untuk menghubungkan komputer dalam jaringan WAN kita tidak bisa memanfaatkan fasilitas penghubung berikut ....
a.     Jaringan telepon
b.     Gelombang radio
c.      Jaringan kabel
d.     GPRS
7.     Untuk dapat mengakses jaringan yang jangkauannya sangat luas dan melayani organisasi  tertentu sebaiknya kita menggunakan ....
a.     WAN
b.     Internet
c.      MAN
d.     Intranet
8.     apabila dalam sebuah jaringan kita hanya menginginkan satui komputer sebagai pusat pemrosesan data sebaiknya kita memanfaatkan jaringan ....
a.     Peer to Peer
b.     Client Server
c.      Host Terminal
d.     Internet
9.     Syarat utama sebuah server pada sebuah jaringan client server adalah ....
a.     memiliki kemampuan yang tinggi
b.     memiliki akses yang cepat
c.      memiliki kompabilitas yang tinggi
d.     mampu menyediakan layanan
10.            apabila kita ingin mengakses internet sambil berjalan, sebaiknya kita memanfaatkan fasilitas penghubunh ....
a.     jaringan tv kabel
b.     GPRS
c.      Jaringan telepon
d.     WiFi
      


BAB III
MENGENAL KECEPATAN AKSES INTERNET

Standar Kompetensi
1.  Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal ukuran kecepatan akses internet

A.   PENGERTIAN KECEPATAN AKSES INTERNET
Kadangkala dalam melakukan akses internet, kita akan melihat perbedaan antara tempat satu dengan yang lainnya. Salah satu perbedaan adalah kecepatan suatu komputer dalam melakukan akses terhadap sebuah alamat website. Kecepatan sebuah komputer dalam melakukan akses sebuah alamat website sering disebut dengan kecepatan akses.
Dengan kata lain kecepatan akses adalah waktu yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk membuka sebuah alamat web ataupun mengakses layanan-layanan yang ada dalam komputer.
Sebuah komputer akan dikatakan memiliki kemampuan akses yang tinggi apabila komputer mampu melakukan akses terhadap layanan internet dengan cepat. Sebuah komputer mampu menyediakan informasi dengan cepat ketika diberikan perintah untuk mengakses internet.

B.   UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET
Kecepatan akses internet tidak dapat kita bandingkan hanya dengan melihat waktu yang diperlukan oleh komputer untuk mengakses atau membuka sebuah alamat web. Hal ini karena dalam penentuan kecepatan akses internet memiliki perhitungan tersendiri yaitu dengan mendasarkan pada Kbps (kilo byte per second).
Kbps (kilo byte per second) dalam kecepatan akses internet menunjukkan banyaknya satuan Byte data yang mampu diakses komputer dari jaringan internet. Sedangkan kecepatan akhir komputer atau waktu yang diperlukan komputer untuk menyajikan data dari internet tergantung dari perangkat-perangkat penunjang akses internet.
Contoh : Sebuah komputer memiliki modem dengan kecepatan 56 Kbps, maka modem akan mampu mentransfer data dengan kecepatan kurang lebih dari 56 Kilo byte setiap detiknya. Sehingga apabila sebuah data memiliki kapasitas 300 byte maka sebuah komputer akan mampu membuka menampilkan akses data dalam waktu 5 sampai 6 detik.
C.   FAKTOR PENENTU KECEPATAN AKSES
Kecepatan akhir sebuah komputer untuk menyajikan data hasil akses internet tidak bisa hanya dilihat dari kecepatan yang dimiliki modem, namun masih banyak hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Hal-hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet antara lain : kecepatan komunikasi modem, komputer pengguna, jaringan yang digunakan (telepon), kecepatan ISP, serta server tujuan.
1.     Kecepatan Komunikasi Modem
Ukuran kecepatan komunikasi sebuah modem menunjukkan salah satu di antara dua hal koneksi yaitu:
v Kecepatan komunikasi dari komputer ke modem.
v Kecepatan komunikasi dari modem di komputer kita ke modem ISP yang dihubungi.
Namun adakalanya kecepatan modem dalam mengakses internet kurang dari kecepatan yang dimiliki oleh sebuah modem. Contoh modem dengan kecepatan 56 Kbps hanya mampu mengakses data dari internet sebesar 50 KB/sec.
Untuk mendapatkan kecepatan efektif modem sesuai dengan ukuran kecepatan yang dimiliki perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.     Sebelum melakukan koneksi internet, sebaliknya memastikan dulu modem yang akan digunakan sudah diinstall dengan driver yang tepat dari manufaktur (pembuat) modem tersebut. Bila perlu, driver tersebut di-up date.
b.     Sebaiknya jangan menggunakan driver generik atau berbeda merek, karena meskipun bisa digunakan tetapi performansi (kinerja) modem tersebut akan menurun, lamban atau tidak stabil. Setting modem juga harus benar. Kecepatan modem bisa diset sedikit di bawah batas maksimalnya agar lebih optimal.
c.      Jangan menset modem melampaui batas maksimal. Hal itu akan menyebabkan banyak terjadi error rate atau kesalahan pengiriman bit-bit informasi.
d.     Isikan nomor telepon (dial up) ke penyedia jasa internet atau internet service provider (ISP) dengan benar. Kode area bisa dikosongkan agar rute koneksi lebih cepat. Dan satu hal yang jangan sampai terlupa, pastikan kabel telepon sudah tersambung ke modem.
2.     Komputer Pengguna
Penyebab gangguan koneksi pada perangkat komputer bisa berasal dari piranti keras (hardware) maupun piranti lunak (Software) yang di-install pada komputer. Masalah pada piranti keras biasanya dari kapasitas memori pada Random Access Memory (RAM) yang kurang memadai atau penggunaan modem internal yang terpasang serampangan.
Solusinya? Tambahkan kapasitas memori yang ada. Kartu memori RAM sebesar 64 MB biasanya sudah mencukupi. Pada modem internal, pasangkan kartu modem (modem card) dengan benar pada motherboard dan kencangkan sekrup untuk mencegah agar modem tidak mudah lepas.
Sistem operasi (operating system/OS) yang tidak stabil juga bisa mengganggu koneksi internet. Misalnya pada saat berselancar, komputer tiba-tiba menjadi hang, restart atau shutdown dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, komputer tersebut bisa di install ulang dengan memakai CD installer asli yang dilengkapi nomor lisensi yang benar. Cek juga keberadaan protokol TCP/IP pada sistem operasi komputer kita.
Bersihkan komputer kita dari segala jenis virus komputer dengan antivirus. Virus komputer berpotensi mengganggu akses internet dan bisa memakan alokasi memori yang ada.
Untuk mengakses web, gunakan peselancar (browser) yang mapan, misalnya Internet Explorer atau Netscape. Meskipun banyak browser yang bisa didownload dengan gratis, namun ketangguhannya masih banyak yang diragukan. Pilihan setup pada browser bisa disesuaikan dengan selera kita, namun dengan menggunakan setting default sebenarnya sudah cukup. Begitu pula halnya jika kita ingin meng-install aplikasi e-mail, chatting maupun mesagging, pengunaan setting default sudah mencukupi.
Pada saat melakukan koneksi internet, sebaiknya jangan terlalu banyak membuka aplikasi lain selain browser, agar kerja komputer tidak terlalu berat. Untuk mempercepat koneksi internet bisa juga digunakan berbagai software ’penambah tenaga’, misalnya accell speed up yang bisa di-download secara gratis, atau mengutak-atiknya secara ”manual”. Namun diperlukan kehati-hatian. Setting manual yang tidak pas justru memperburuk koneksi internet.
3.     Jaringan Telepon
Kualitas koneksi dial up juga bergantung pada kondisi jaringan telepon yang kita pakai. Kabel telepon yang rusak atau lecet bagian pelindungnya bisa menurunkan kualitas koneksi. Hindarkan penggunaan telepon paralel untuk melakukan dial up, sebab koneksi yang terjadi tidak akan optimal karena kekuatan sinyal telepon menjadi turun.
Jika pesawat telepon lainnya diangkat (off hook) maka koneksi bisa terputus secara tiba-tiba (disconnect). Salah satu saluran paralel tersebut dilepaskan dulu, lalu gunakan satu saluran saja untuk melakukan dial up.
Pastikan juga telepon kita bukan merupakan telepon WLL atau tersambung dengan perangkat pengganda telepon, misalnya Pulse Code Multiplexer (PCM) atau Digital Pair Gain (DPG).
Sebenanya jaringan telepon yang melewati PCM maupun DPG masih dapat digunakan untuk koneksi internet, namun kecepatannya tidaks ebagus jaringan telepon tanpa pengganda.
Jarak telepon antara pengguna dial up dengan lokasi sentral telepon juga berpengaruh, karena semakin dekat maka sinyalnya semakin kuat sehingga koneksi internet pun semakin bagus. Penyebab disconnect antara lain karena adanya panggilan telepon yang masuk pada saluran telepon yang sedang dipergunakan untuk dial up, penggunaan nada sela atau call waiting, serta penurunan kualitas saluran telepon secara tiba-tiba atau gradual selama koneksi, misalnya karena perubahan cuaca atau interferensi dari sinyal handphone.
Untuk mengatasi terjadinya putus hubungan tiba-tiba, nonaktifkan sementara fasilitas nada sela selama digunakan untuk koneksi internet. Sebaiknya hindari akses internet saat terjadi hujan, di samping kualitas kabel telepon menurun, juga untuk menghindari sambaran petir. Sinyal dari handphone juga dapat mempengaruhi kinerja modem. Sebaiknya menyimpan HP agak dijauhkan dari modem sehingga gangguan sinyalnya berkurang.
Sebelum melakukan koneksi, yakinkan kita tidak mempunyai tagihan telepon yang belum dibayar, karena jika menunggak pembayaran maka saluran telepon dapat diblokir, dan kita tidak bisa melakukan hubungan keluar atau ke ISP.
4.     ISP
Dari sisi ISP, gangguan koneksi bisa berupa saluran sedang sibuk (busy). Biasanya terjadi pada jam-jam kerja di siang hari karena banyak pengguna yang mengakses internet, terutama dari perkantoran. Cobalah untuk melakukan pada pagi dan malam hari, sebelum dan sesudah jam kantor.
Saluran sibuk juga bisa disebabkan jumlah port modem di isi ISP terbatas, sehingga tidak cukup menampung kelebihan pengakses internet ke ISP tersebut. Pilihlah ISP yang mempunyai jumlah port  yang cukup memadai. Untuk mengetahui berapa jumlah port yang dimiliki suatu ISP kita bisa menanyakan kepada customer service ISP tersebut. Semakin banyak port  yang dimiliki ISP maka kemungkinan keberhasilan login semakin besar.
Hampir semua ISP tidak memiliki rasio bandwidth 1:1 dimana sebuah modem 56 Kbps dijamin untuk mendapatkan bandwidth ke internet sebesar 56 Kbps juga. Sebagai contoh, ISP dengan rasio bandwidth 1:5 dan memiliki 10 buah modem 56 Kbps akan memiliki bandwidth keluar sebesar 1/5 * 10 *  56 Kbps = 112 Kbps. Jika pada suatu saat seluruh modem yang dimiliki ISP ini digunakan secara penuh oleh pelanggan, maka kecepatan efektif setiap pelanggan menjadi 112 Kbps / 10 = 11.2 Kbps. Walaupun demikian kondisi ini jarang terjadi karena tidak semua modem terpakai, dan jika terpakai tidak seluruh dari bandwidth 56 Kbps digunakan oleh pelanggan.
Jika kita sulit untuk login ke ISP, bisa juga disebabkan oleh masalah link (link problem) pada ISP tersebut. Contoh permasalahan link  adalah jaringan bacbone internet  ISP tersebut terputus, beban terlalu berat pada gateway  nasional yang terhubung ke Indonesian Internet Exchange (IIX) maupun ke gateway  internasional.
Beban gateway yang telalu berat juga mengakibatkan akses internet menjadi lambat. Cobalah untuk mengulangi login dilain waktu. Biasanya dalam waktu relatif cepat permasalahan link tersebut sudah dapat dibatasi oleh administrator ISP. 
Sama halnya dengan tagihan telepon, pastikan bahwa kita sudah membayar biaya berlangganan dan biaya akses internet dengan ISP. Pelanggan yang terlambat atau menunggak pembayaran biaya langganan akan diblokir oleh administrator ISP tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kecuali bila kita menggunakan ISP yang tidak mengenakan biaya berlangganan, misalnya TelkomNet Instan. Biaya pemakaiannya disatukan dengan tagihan telepon, sehingga lebih praktis.

5.     Server tujuan
Seringkali kita mengalami akses yang lambat ke situs (web) tertentu. Hal ini kemungkinan karena kondisi  jalur server tujuan sedang padam, misalnya situs tersebut sangat populer sehingga banyak yang mengunjunginya. Beban  lalu lintas yang padat ini biasanya diatasi oleh ISP dengan menggunakan proxy server yang berfcungsi untuk menyimpan sementara informasi atau situs yang sering dikunjungi oleh pelanggannya.
Manfaatnya dari sisi pengguna, seolah-olah koneksi internet yang terjadi lebih cepat karena sudah dikumpoulkan terlebih dulu di proxy server tersebut.



Tugas Rumah / PR
Aspek Penugasan Proyek

1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan akses !
2.     Jelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses !
3.     Jelaskan cara menset modem agar terhindar dari error rate !
4.     Jelaskan kerugian yang dapat timbul akibat penggunaan jaringan telepon untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet !
5.     Jelaskan kemungkinan penyebab terjadinya lambatnya akses suatu web tujuan!


I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !
ASPEK ETIKA PEMANFAATAN
1.     Untuk mendapatkan kecepatan akses yang tinggi kita harus memperhatikan hal berikut, kecuali ....
a.     jenis modem
b.     jaringan telepon
c.      komputer pengguna
d.     ISP
2.     Hal yang perlu dilakukan agar performa modem tidak mengalami penurunan adalah ....
a.     instalasi dengan driver yang sesuai
b.     instalasi dengan driver yang kemampuannya lebih tinggi
c.      menset modem pada set maksimal
d.     instalasi dengan driver yang berbeda merek
3.     usaha yang dilakukan agar dial up ISP lebih cepat adalah ....
a.     menghindari pemakaian pada jam-jam saluran sibuk
b.     menggunakan modem yang memiliki kecepatan koneksi ISP yang tinggi
c.      menggunakan ISP yang sudah terpercaya
d.     menggunakan ISP yang memiliki port terbatas
4.     yang perlu dilakukan apabila akses lebih lambat karena masalah RAM adalah ....
a.     mengganti RAM dengan yang baru
b.     mengganti dengan RAM lain dengan ukuran yang sama
c.      menambah kapasitas RAM
d.     mengurangi banyaknya data yang diakses (mengurangi beban RAM)
5.     berikut adalah hal yang berkaitan dengan hardware dan software agar sebuah komputer agar memiliki kecepatan akses yang tinggi, kecuali ....
a.     menggunakan hardware yang sesuai dengan batas standart
b.     menggunakan software asli
c.      melakukan pembersihan dari virus
d.     menggunakan software dan hardware yang melebihi batas standart yang diperlukan
6.     agar akses internet dapat berjalan dengan lancar berkaitan dengan jaringan telepon, maka pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan akses internet adalah ....
a.     kapan saja
b.     pada jam kerja
c.      waktu jaringan telepon tidak sibuk
d.     pagi hari sekitar jam 09.00
7.     berikut adalah hal yang perlu dilakukan agar akses internet tidak terputus akibat off hook adalah ....
a.     menggunakan saluran pararel
b.     mengangkat segera telepon masuk
c.      menghindari panggunaan saluran pararel
d.     memaksimalkan penggunaan saluran pararel
8.     pengaturan jarak sentral telepon dengan pengguna agar koneksi internet semakin bagus adalah ....
a.     pengguna koneksi agar menjauh dari sentral telepon
b.     pengguna sedekat mungkin dengan sentral telepon
c.      mengatur jarak untuk menghindari radiasi komputer untuk telepon
d.     merngatur jarak sekitar 10 meter dari sentral telepon
9.     yang harus dilakukan agar koneksi ke ISP terhindar dari Busy adalah ....
a.     menghindari penggunaan pada jam jaringan sibuk
b.     menggunakan pada jam kerja
c.      menggunakan pada siang hari
d.     menghindari penggunaan pada malam hari
10.                        yang dilakukan ISP agar mengatasi beban lalulintas yang padat adalah ....
a.     membatasi pengguna
b.     mengosongkan jalur
c.      menggunakan proxy sever
d.     menggunakan dump agar mengatur jalur masuk

BAB IV
PERANGKAT KERAS DAN SISTEM AKSES INTERNET

Standar Kompetensi
1.     Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet.

Untuk dapat melakukan akses internet sebuah komputer harus memenuhi 2 syarat utama, yaitu tersedianya perangkat yang sesuai dengan spesifikasi tertentu serta terhubungnya komputer dengan penyedia jasa layanan internet yang mengoneksikan komputer dengan jaringan internet.
Perangkat-perangkat komputer yang tersedia harus sesuai dengan standart yang digunakan untuk akses internet di mana spesifikasi yang dimiliki sebuah komputer harus berada di atas spesifikasi yang dipersyaratkan. Sedangkan penggunaan perangkat lunak atau software diperlukan untuk mengakses jenis layanan yang ada di internet, sehingga software apa saja yang diperlukan oleh sebuah komputer tergantung dari layanan apa saja yang akan digunakan oleh pemakai.

A.   PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Perangkat keras (Hardware) merupakan perangkat komputer yang berupa perangkat elektronik yang membentuk sebuah komputer secara nyata. Jadi dengan kata lain hardware merupakan perangkat komputer yang memiliki bentuk fisik. Untuk dapat mengakses internet pada prinsipnya perangkat keras yang diperlukan antara lain komputer, modem serta perangkat penghubung komputer dengan jaringan.
1.     Komputer
Komputer merupakan perangkat yang paling utama untuk dapat mengakses sebuah internet, karena dengan menggunakan komputer maka kita akan dapat mengakses ataupun melihat keluaran dari akses internet. Sebuah komputer tidak semuanya dapat digunakan untuk mengakses internet, karena untuk dapat mengakses internet diperlukan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi oleh sebuah komputer sehingga sebuah komputer harus memiliki kemampuan minimal sesuai dengan yang dipersyaratkan. Kemampuan atau spesifikasi komputer yang diperlukan meliputi kemampuan processor, memori, serta monitor.
a.     Processor
Processor disebut dengan otak dari komputer, karena dalam processor ini data yang masuk ke dalam komputer akan diproses sehingga menghasilkan keluaran yang dapat diterima oleh pemakai baik berupa audio, visual, ataupun audio visual. Sebuah processor sangat penting bagi sebuah komputer karena kemampuan processor akan mempengaruhi kemampuan komputer dalam memproses data yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor maka akan semakin tinggi pula kemampuan komputer dalam memproses data.
Didalam internet terdapat banyak sekali informasi dari tingkat sederhana hingga dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dari hal-hal sederhana hingga hal-hal yang rumit. Dengan adanya keragaman dan banyaknya data maka untuk mengakses internet diperlukan komputer dengan kemampuan yang tinggi, dalam hal ini kemampuan processor yang tinggi. Untuk mengakses internet diperlukan processor dengan kemampuan minimal 60 Mhz atau setara dengan kemampuan processor Pentium I.
b.    Memori
Memori adalah tempat tersimpannya data seperti pesan, gambar, suara, program aplikasi dan sebagainya dalam komputer. Secara umum memori komputer dikelompokkan menjadi dua yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory). ROM merupakan memori komputer yang sifatnya tetap dan permanen. Memori ini selamanya akan ada dalam komputer dan isi yang ada tidak bisa diubah, ditambah ataupun dikurangi. Sedangkan RAM adalah jenis memori yang memiliki sifat statis. Dalam pengoperasian program RAM sangat penting perannya berkaitan dengan kecepatan proses. Untuk menunjang proses akses internet diperlukan memori RAM dengan kemampuan minimal 16 mb.
c.      Monitor
Pada komputer monitor merupakan salah satu perangkat output yang mengeluarkan hasil pemrosesan data secara visual. Hasil pemrosesan data yang ditampilkan pada monitor memiliki sifat soft Copy yang artinya akan hilang apabila komputer dimatikan atau dengan kata ain memiliki sifat sementara.
Berdasarkan bentuknya monitor dapat dibedakan menjadi 2 yaitu monitor CRT (tabung) dan Monitor LCD (Flat).
Terlepas dari jenis monitor yang digunakan untuk dapat mengakses data pada sebuah internet sebuah komputer harus dilengkapi dengan monitor berbasis VGA (Video Graphic Array) yang merupakan standart output grafik dasar.
2.     Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator demodulator. Fungsi utama dari modem adalah menghantarkan dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai denyut elektronis dari komputer menjadi suara sehingga dapat dihantarkan melalui jaringan telepon.
Prinsip kerja modem dalam mengubah sinyal adalah :
a.     Sinyal dikirimkan melalui jaringan telepon
b.     Modem akan menerima sinyal tadi untuk kemudian diubah menjadi denyut elektronis.
c.      Sinyal yang telah dirubah menjadi denyut elektronis kemudian dikirimkan ke komputer untuk diproses dalam processor.
d.     Komputer akan menerjemahkan denyut elektronis yang masuk untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk audio maupun visual.
Denyut
Elektronis
 

Modem
 
 




Dalam akses internet kecepatan modem sangat mempengaruhi kecepatan akses internet, di mana kecepatan modem yang dipersyaratkan untuk mendapat mengakses internet adalah 28,8 kbps.
Karena peran modem yang sangat penting maka perlu dipertimbangkan dalam pemilihan modem di antaranya:
a.     Jenis Modem
Berdasarkan letaknya dan sambungan dengan komputer, modem dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1).                    Modem Eksternal
Berdasarkan namanya modem eksternal memiliki ciri yaitu letaknya yang berada di luar komputer, sehingga modem ini berdiri sendiri untuk kemudian disambungkan dengan CPU. Kelebihan dari modem ini adalah cenderung kompatibel dengan hampir semua jenis komputer. Kekurangannya dari modem eksternal adalah karena letaknya yang berada di luar CPU sehingga model eksternal ini cenderung memakan tempat karena untuk meletakkannya diperlukan tempat sendiri, disamping harga jenis modem ini yang cnderung mahal.
2). Modem internal
    Modem internal adalah jenis modem yang dalam meletakkannya atau pemasangannya tergabung menjadi satu dengan komputer di dalam CPU. Karena letakkanya yang berada di dalam CPU, , modem ini tidak memerlukan tempat sendiri untuk berdiri karena sudah berada di dalam CPU. Kekurangan dari model internal adalah sifatnya yang tidak kompatibel dengan semua jenis komputer sehingga jenis modem ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis komputer.
b.    Kecepatan modem
Kecepatan modem adalah kemampuan atau kecepatan modm untuk mengubah sinyal menjadi denyut elektronis untuk kemudian diproses dalam komputer. Dengan kemampuan ini maka kita dapat menyimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan modem maka proses penerjemahan sinyal menjadi denyut elektronis akan semakin cepat yang pada akhirnya proses akses akan berjalan dengan cepat. Untuk pemilihan modem berkaitan dengan kecepatan adalah pemilihan midem dengan kecepatan yang memenuhi syarat minimal kecepatan yang dipersyaratkan, di mana makin tinggi kcepatan modem akan semakin baik, tentu saja dengan konsekuensi harga yang semakin tinggi.
c.      Kompresi
Kompresi adalah kemampuan modem untuk mengkompres atau memadatkan data yang dikirim melalui telepon. Suatu proses kompresi akan mengakibatkan kapasitas data menjadi semakin kecil sehingga diharapkan data akan semakin cepat untuk dapat diterjemahkan menjadi denyut elektronis yang pada akhirnya akan dapat lebih cepat ditransfer ke dalam komputer.



d.    Error Corection
Saluran telepon termasuk jenis saluran yang sangat sensitif. Dengan adanya sifat sensitif ini memungkinkan data yang dikirimkan melalui jaringan telepon akan mendapat gangguan. Sebuah modem yang akan dilengkapi dengan kemampuan eror corection yang dapat mendeteksi dan mengoreksi error yang ditimbulkan sebagai akibat pengiriman melalui jaringan telepon tersebut.
3.     Perangkat Penghubung
Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet diperlukan perangkat penghubung PC dengan jaringan yang ada. Perangkat penghubung yang diperlukan berkaitan dengan cara menghubungkan komputer dengan internet.
Cara atau perangkat penghubung yang digunakan antara lain :
a.     Antena
Antena digunakan untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh ISP memalui gelombang elektromagnetik. Antena juga dapat digunakan untuk menangkap sinyal internet yang dikirimkan melalui jaringan telepon nir kabel, seperti jaringan HP.
b.    Telepon Kabel
Akses internet melalui kabel telepon secara langsung biasa disebut dengan dial up. Prinsip dari dial up adalah jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk dapat berhubungan dengan komputer lain atau provider internet yang memanfaatkan saluran internet sebagai saluran utamanya. Kelebihan dari penggunaan telepon kabel adalah jaringan yang cenderung luas, karena sebagian besar arus informasi dalam internet dapat dialirkan dalam jaringan telepon kabel.
c.      GPRS
GPRS adalah perangkat pemancar yang menggunakan gelombang radio. Untuk mengakses internet dengan GPRS diperlukan perangkat pemancar gelombang radio serta penerima gelombang radio di antaranya adalah telepon seluler yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS. Karena GPRS menggunakan gelombang radio sebagai penghantar, maka akses internet dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja serta dalam kondisi apapun (bergerak atau berhenti) dengan catatan tersedianya perangkat penerima dan adanya gelombang yang dapat ditangkap perangkat tersebut.
d.    Kartu WiFi
Kartu WiFi pada prinsipnya hampir sama dengan kartu ponsel. Fungsi kartu ini adalah menghubungkan sebuah PDA atau Notebook dengan jaringan khusus WiFi. Gelombang WiFi memiliki frekuensi yang tinggi (2.4 GHz). Dengan menggunakan WiFi kita akan dapat mengakses internet dengan catatan kita berada dalam area yang memiliki sinyal WiFi.
e.      TV Kabel
Perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses internet adalah jaringan TV kabel. Untuk mendapatkan akses internet dengan TV kabel kita harus berlangganan dengan TV kabel yang menyediakan akses internet di samping kita harus mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang digunakan untuk akses internet melalui TV Kabel.
Karena akses internet ini tidak menggunakan jaringan telepon, maka kita tidak akan terganggu dengan sibuknya jaringan, karena aktivitasi dari TV kabel cenderung stabil (tidak sama dengan telepon yang pada saat tertentu terjadi gangguan jaringan yang sibuk).


B.   PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Perangkat lunak merupakan sekumpulan program yang bekerja mengendalikan sistem pada komputer. Secara umum perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet diperlukan dua software, yaitu software Sistem operasi serta software aplikasi.
1.     Software Sistem Operasi
Software sistem adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi utama mengendalikan sistem kerja komputer secara mendasar. Software sistem akan mengontrol kerja komputer beserta perangkat input dan outputnya.
Untuk dapat melakukan akses internet diperlukan sebuah sistem operasi windows atau sistem operasi lain yang setara dengannya (linux).
2.     Software Aplikasi
Software aplikasi digunakan untuk mengakses layanan yang ada dalam internet. Jadi dengan kata lain software aplikasi yang diperlukan tergantung jenis layanan internet yang akan diakses.
Secara umum software yang diperlukan untuk akses internet antara lain:
a.     Browser
Browser adalah fasilitas internet untuk menjelajahi alamat website untuk mendapatkan informasi. Agar sebuah komputer memiliki akses browser diperlukan instalasi software browser, antara lain : Microsoft Internet Explorer, Netscape Communikator, Opera.
b.    FTP
Untuk dapat menggunakan FTP atau transfer data dari komputer lain diperlukan software FTP di antaranya : Cute FTP, Go!Zilla, WSFTP.
c.      Email
Email adalah software yang digunakan untuk mengirimkan surat secara elektronik melalui internet. Untuk dapat menyediakan fasilitas tersebut diperlukan software yang memiliki kemampuan menggunakan email, di antaranya: Internet mail, Netscape mail.
d.    Chatting
Untuk melakukan chatting diperlukan software untuk menjalankan chatting antara lain : MIRC, Yahoo Messenger, ICQ.




Tugas Rumah / PR
ASPEK PENUGASAN PROYEK
1.     Gambarkan bagan perangkat yang diperlukan untuk akses internet!
2.     Jelaskan perbedaan jenis memori RAM dan ROM!
3.     Gambarkan bagan kerja modem!
4.     Jelaskan kelebihan dan kekurangan jenis modem eksternal dan internal!
5.     Jelaskan arti kemampuan kompresi pada modem!

Uji Kompetensi
I.   Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!.
1.     Untuk dapat mengakses internet perangkat yang digunakan sebaiknya...
a.     merupakan perangkat baru
b.     memenuhi standart dipersyaratkan
c.      merupakan perangkat modem
d.     lengkap dan seragam
2.     Untuk mengkoneksikan komputer dengan jaringan, kita harus menghubungkan komputer dengan...
a.     sumber daya
b.     modem
c.      jaringan telepon
d.     ISP
3.     Untuk membentuk komputer secara nyata kita dapat membentuknya dengan menggunakan perangkat…
a.     hardware
b.     sistem operasi
c.      software aplikasi
d.     brainware
4.     Untuk mengakses komputer sebaiknya processor yang digunakan adalah...
a.     processor terbaru
b.     memiliki kemampuan standart
c.      processor dengan merk terkenal
d.     di atas kemampuan yang dipersyaratkan
5.     Untuk menyimpan data dalam komputer digunakan perangkat keras...
a.     hard disk
b.     disket
c.      memori
d.     flash disk
6.     Syarat monitor yang digunakan untuk akses internet adalah...
a.     jenis flat
b.     jenis CRT
c.      ukuran minimal 14 Inch
d.     berbasis VGA
7.     Sebuah modem dapat digunakan untuk mengakses internet apabila memiliki kecepatan....
a.     sebesar yang dipersyaratkan
b.     diatas yang dipersyaratkan
c.      kurang lebih yang dipersyaratkan
d.     sama dengan atau lebih dari yang dipersyaratkan
8.     Untuk menghindari sibuknya jaringan, maka sebaiknya kita menghindari penggunaan perangkat penghubung, yaitu ...
a.     jaringan telepon kabel
b.     kartu GPRS
c.      jaringan TV kabel
d.     WiFi
9.     Untuk mengendalikan sistem pada komputer kita harus menyediakan perangkat komputer, yaitu ...
a.     software aplikasi
b.     brainware
c.      hardware
d.     software sistem operasi
10.   Untuk mengakses layanan internet kita harus melakukan instalasi terhadap...
a.     hardware
b.     sistem operasi
c.      modem
d.     software aplikasi

BAB 5
SAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP

Standar Kompetensi
1.     Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intrant

A.   TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP
1.     Model Koneksi Internet
Jaringan Internet merupakan sekumpulan komputer dan server penyedia layanan yang terhubung dengan jaringan yang sangat besar. Untuk mendapatkan layanan internet dari penyedia layanan, sebuah komputer harus terhubung atau masuk dalam jaringan internet. Agar sebuah komputer dapat masuk dalam jaringan internet, maka sebuah komputer harus melakukan koneksi dengan jaringan internet melalui penyedia jasa layanan internet.
Secara umum model koneksi sebuah komputer dengan jaringan internet dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu model koneksi Shell dan model koneksi PPP (Protocol to Point Protocol).
a.     Model Koneksi Shell
Model Koneksi Shell adalah model koneksi yang menghubungkan beberapa komputer ke dalam sebuah server lokal yang terhubung dengan sebuah server penyedia jasa layanan internet.
Prinsip dari model koneksi shell adalah menggunakan server lokal untuk melayani banyak pemakai dengan keseragaman dan keterbatasan account.
Penggunaan model koneksi shell adalah pada jaringan lokal seperti internet cafee sekolah dan lain-lain.
Cara penyambungan model koneksi shell adalah menghubungkan jaringan LAN atau server local Internet dengan server ISP.
Kelebihan dari penggunaan shell adalah biaya akses relatif lebih murah karena biaya akses akan terbagi oleh pemakai atau user.
Kekurangan dari penggunaan shell adalah komputer atau user tidak memiliki nama host atau account sendiri.

 






User
 
User
 
User
 
Main Server Internet
 
Server ISP
 
Server ISP
 
 
















b.    Model Koneksi PPP (Protocol to Point Protocol)
Model koneksi PPP merupakan model koneksi yang menjadikan sebuah komputer menjadi bagian dari sebuah jarigan Internet. Pada model koneksi PPP, sebuah komputer akan terhubung langsung dengan penyedia jasa layanan internet secara langsung, kelebihan dari penggunaan model koneksi PPP adalah sebuah komputer akan memiliki alamat host tersendiri, sedangkan kekurangan atau kelemahan dari penggunaan jaringan ini adalah biaya akses yang relatif mahal karena biaya akses interet akan ditanggung sendiri oleh sebuah komputer.


TUGAS RUMAH / PR
ASPEK PENUGASAN PROYEK
1.     Gambarkan model koneksi PPP pada hubungan komputer dengan jaringan internet!
2.     Jelaskan apa fungsi instalasi perangkat keras dan lunak dalam penyambungan internet !
3.     Jelaskan pengisian apa saja yang dilakukan dalam pengisian data TCP/IP !
4.     Jelaskan dengan bahasamu langkah-langkah membuat shortcut koneksi !
5.     Jelaskan langkah koneksi ke internet !


ASPEK ETIKA PEMANFAATAN

1.  Untuk menghubungkan komputer dan jaringan dengan prinsip single user sebaiknya kita menggunakan sistem koneksi ....               
     a.  peer to peer
     b.  PPP
     c.  shell
     d.  host terminal
2.  Model koneksi shelll sangat cocok digunakan pada ....
     a.  PC
     b. internet cafee
     c.  komputer rumah
     d.  komputer perusahaan
3.  Untuk melakukan penghematan biaya akses sebaiknya kita membuat jaringan dengan sisitem koneksi ....
     a.  PC
     b. internet cafee
     c.  komputer rumah
     d.  komputer perusahaan
3.  Untuk melakukan penghematan biaya akses sebaiknya kita membuat jaringan dengan sisitem koneksi ....
     a.  peer to peer
     b.  PPP
     c.  shell
     d.  host terminal
4.  Syarat utama terbentuknya sistem koneksi Protocol adalah ....
     a.  banyak pemakai
     b.  tersedianya sebuah modem
     c.  komputer terhubung langsung dengan jaringan
     d.  menggunakan jaringan
5.  Untuk melalui instalasi dial up networking kita menggunakan menu ....
     a.  Start, Program
     b.  Start, Run
     c.  Start Setting
     d.  Start Find
6.  Setelah instalasi melalui CD ROM sebaiknya kita melakukan ….
     a.  shut down komputer
     b.  restart komputer
     c.  melakukan instalasi berikutnya
     d.  mematikan komputer
7.  Untuk memilih konfigurasi dial up adapter kita bisa memanfaatkan menu perintah ....
     a.  Communication
     b.  Identificatin
     c.  Network
     d.  protocol
8.  Pada pemilihan network untuk memulai instalasi protocol kita harus memulai dengan melakukan ....
     a.  klik
     b.  klik kanan
     c.  doubel klik
     d.  drag
9.  Untuk mempercepat proses koneksi internet sebaiknya kita membuat ....
     a.  folder
     b.  shortcut koneksi
     c.  sistem koneksi
     d.  password
10.     Fungsi dari instalasi modem adalah ....
     a.  memilih jenis modem yang akan digunakan
b.  melakukan deteksi konfigurasi modem
     c.  melakukan koneksi modem dengan jaringan dan komputer
     d.  sebagai pemenuhan syarat standart inatalasi 

2 komentar: